Sabtu, 12 September 2009

Apa itu algoritma ?

Algoritma itu apa ? Mungkin banyak yang menanyakan itu. Saya sendiri kurang tahu apa maknanya yang pasti, namun secara gambaran dapat saya jelaskan demikian : Algoritma adalah semacam rumusan-rumusan tertentu untuk menghasilkan sesuatu hasil yang dianggap sesuai dengan logika yang kita harapkan.

Misal kita menginkan suatu nilai kelompok B dengan mengurutkan dari nilai terbesar ke nilai terkecil. Dan hasil yang didapat diharapkan Bn....,B5, B4, B3, B2,B1 (Besar ke kecil). Nah untuk mendapatkan urutan tersebut perlu dimasukan suatu nilai misal A1, A2, A3, ...An dan mungkin juga ada tambahan C1, C2, C3, ....Cn. Nah dari masukan tersebut point mana yang akan sangat mempenagaruhi ?


Untuk menentukan hal tersebut maka dibuatlah suatu rumusan atau formula. Sehingga semua variabel tinggal dimasukan maka keluarlah hasilnya. Nah yang disbut algoritma adalah rumusan tersebut.

Setiap mesin pencari memiliki algoritma yang berbeda-beda dalam menentukan hasil SERP nya oleh karena itu tidak heran jika antar mesin pencari mendapatkan hasil yang berbeda pula. Nah ketepatan dalam membuat suatu algoritma sangat mempengaruhi kualitas dari hasil yang diharapkan.