Sabtu, 12 September 2009

Apa itu SEO ?

Search Engine Optimazation atau lebih trend dikenal dengan sebutan SEO yang merupakan singkatannya adalah salah satu hal yang menjadi pembicaraan hangat saat ini. Bahkan banyak orang yang melombakan dalam masalah itu. Contoh Stop Dreaming Start Action yang lagi booming saat ini. SEO saat ini juga lagi digandrungi oleh banyak para marketing online. Mereka berlomba-lomba melakukan SEO agar web mereka berada di halaman hasil SERP. Dengan begitu maka bisnis mereka akan berhasil menarik orang untuk melihatnya karena berada dihalaman depan.

Mengapa hal tersebut terjadi ? Karena kecenderungan orang melakukan klik dari hasil search adalah dari hasil pencarian teratas karena mereka berkesimpulan yang diatas memiliki relevansi lebih tinggi dibanding yang dibawahnya terhadap keyword yang di gunakan untuk mencari tersebut. Jika search engine memiliki algoritma yang tepat maka bukan tidak mungkin yang berada di posisi atas memang benar-benar memiliki keakuratan.

Dengan adanya SEO bisa-bisa malah membalik logika tersebut. Web yang tidak ada hubungannya pun bisa di optimasi SEO nya agar dapat berada dipsisi atas. jadi kesimpulannya dengan SEO kita bisa memanipulasi hasil SERP. Tentu saja dengan cara memecahkan kunci rahasia algoritma yang digunakan oleh mesin pencari. Jadi jangan heran jika suatu mesin pencari merahasiakan algoritma yang mereka miliki guna untuk menghindari terbongkarnya rahasia mereka sehingga mereka dapat menjaga bahawa hasil SERP valid sebagaiman yang diinginkan.